Minggu, 15 Agustus 2010

ZAMAN MEGALITIKUM
Kebudayaan megalithikum adalah kebudayaan yang menghasilkan bangunan-bangunan dari batu besar yang muncul sejak zaman Neolithikum dan berkembang pesat pada zaman logam.

Menurut Von Heine Geldern, kebudayaan Megalithikum menyebar ke Indonesia melalui 2 gelombang yaitu :
1. Megalith Tua menyebar ke Indonesia pada zaman Neolithikum (2500-1500 SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Kapak Persegi (Proto Melayu). Contoh bangunan Megalithikum adalah menhir, punden berundak-undak, Arca-arca Statis.
2. Megalith Muda menyebar ke Indonesia pada zaman perunggu (1000-100 SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Dongson (Deutro Melayu). Contoh bangunan megalithnya adalah peti kubur batu, dolmen, waruga Sarkofagus dan arca-arca dinamis.
Apa yang dinyatakan dalam uraian di atas, dibuktikan dengan adanya penemuan bangunan batu besar seperti kuburan batu pada zaman prasejarah, banyak ditemukan manik-manik, alat-alat perunggu dan besi. Hasil kebudayaan megalithikum biasanya tidak dikerjakan secara halus, tetapi hanya diratakan secara kasar dan terutama hanya untuk mendapatkan bentuk yang diperlukan.

Peninggalan kebudayaan megalithikum ternyata masih dapat Anda lihat sampai sekarang, karena pada beberapa suku-suku bangsa di Indonesia masih memanfaatkan kebudayaan megalithikum tersebut. Contohnya seperti suku Nias.

Adapun beberapa hasil-hasil kebudayaan pada zaman megalitikum adalah sebagai berikut:
menhir : tugu batu digunakan untuk menghormati roh nenek moyang
Punden berundak : terbuat dari batu untuk meletakan sesaji
dolmen : meja batu yang digunakan untuk meletakan sesaji
waruga : kubur batu yang berbentuk kubus
kubur batu : tempat menyimpan mayat
Sarkofagus : kubur batu yang berbentuk lesung
1. Menhir
Menhir adalah bangunan yang berupa tugu batu yang didirikan untuk upacara menghormati roh nenek moyang, sehingga bentuk menhir ada yang berdiri tunggal dan ada yang berkelompok serta ada pula yang dibuat bersama bangunan lain yaitu seperti punden berundak-undak. Lokasi tempat ditemukannya menhir di Indonesia adalah Pasemah (Sumatera Selatan), Sulawesi Tengah dan Kalimantan. Untuk mengetahui bentuk-bentuk menhir,

Bangunan menhir yang dibuat oleh masyarakat prasejarah tidak berpedoman kepada satu bentuk saja karena bangunan menhir ditujukan untuk penghormatan terhadap roh nenek moyang. Lokasi tempat ditemukannya menhir di Indonesia adalah Pasemah (Sumatera Selatan), Sulawesi Tengah dan Kalimantan. Untuk mengetahui bentuk-bentuk menhir, maka simaklah gambar-gambar berikut ini.

Gambar 18. Menhir
Bangunan menhir yang dibuat oleh masyarakat prasejarah tidak berpedoman kepada satu bentuk saja karena bangunan menhir ditujukan untuk penghormatan terhadap roh nenek moyang. Selain menhir terdapat bangunan yang lain bentuknya, tetapi fungsinya sama yaitu sebagai punden berundak-undak.


2.
Punden Berundak-undak

Punden berundak-undak adalah bangunan dari batu yang bertingkat-tingkat dan fungsinya sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal.
Bangunan tersebut dianggap sebagai bangunan yang suci, dan lokasi tempat penemuannya adalah Lebak Sibedug/Banten Selatan dan Lereng Bukit Hyang di Jawa Timur, sedangkan mengenai bentuk dari punden berundak dapat Anda amati gambar-gambar berikut ini.


Gambar 19. Punden berundak-undak dan ilustrasinya.

3.Dolmen

Dolmen merupakan meja dari batu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan saji-sajian untuk pemujaan. Adakalanya di bawah dolmen dipakai untuk meletakkan mayat, agar mayat tersebut tidak dapat dimakan oleh binatang buas maka kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu.
Dengan demikian dolmen yang berfungsi sebagai tempat menyimpan mayat disebut dengan kuburan batu. Lokasi penemuan dolmen antara lain Cupari Kuningan / Jawa Barat, Bondowoso / Jawa Timur, Merawan, Jember / Jatim, Pasemah / Sumatera, dan NTT.

Gambar 20. Dolmen
Bagi masyarakat Jawa Timur, dolmen yang di bawahnya digunakan sebagai kuburan/tempat menyimpan mayat lebih dikenal dengan sebutan Pandhusa atau makam Cina.

4.Sarkofagus
Sarkofagus adalah keranda batu atau peti mayat yang terbuat dari batu. Bentuknya menyerupai lesung dari batu utuh yang diberi tutup. Dari Sarkofagus yang ditemukan umumnya di dalamnya terdapat mayat dan bekal kubur berupa periuk, kapak persegi, perhiasan dan benda-benda dari perunggu serta besi.
Daerah tempat ditemukannya sarkofagus adalah Bali. Menurut masyarakat Bali Sarkofagus memiliki kekuatan magis/gaib. Berdasarkan pendapat para ahli bahwa sarkofagus dikenal masyarakat Bali sejak zaman logam.

Gambar 21. Sarkofagus




5.Peti kubur

Peti kubur adalah peti mayat yang terbuat dari batu-batu besar. Kubur batu dibuat dari lempengan/papan batu yang disusun persegi empat berbentuk peti mayat yang dilengkapi dengan alas dan bidang atasnya juga berasal dari papan batu.

Daerah penemuan peti kubur adalah Cepari Kuningan, Cirebon (Jawa Barat), Wonosari (Yogyakarta) dan Cepu (Jawa Timur). Di dalam kubur batu tersebut juga ditemukan rangka manusia yang sudah rusak, alat-alat perunggu dan besi serta manik-manik. Dari penjelasan tentang peti kubur, tentu Anda dapat mengetahui persamaan antara peti kubur dengan sarkofagus, dimana keduanya merupakan tempat menyimpan mayat yang disertai bekal kuburnya. Tetapi untuk dapat mencari perbedaan antara keduanya, silahkan Anda amati gambar 22 berikut ini.

Gambar 22. Peti kubur
6.Arca batu
Arca/patung-patung dari batu yang berbentuk binatang atau manusia. Bentuk binatang yang digambarkan adalah gajah, kerbau, harimau dan moyet. Sedangkan bentuk arca manusia yang ditemukan bersifat dinamis. Maksudnya, wujudnya manusia dengan penampilan yang dinamis seperti arca batu gajah.
Arca batu gajah adalah patung besar dengan gambaran seseorang yang sedang menunggang binatang yang diburu. Arca tersebut ditemukan di daerah Pasemah (Sumatera Selatan). Daerah-daerah lain sebagai tempat penemuan arca batu antara lain Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Gambar 23. Arca Batu Gajah dari Pasemah.
7.Waruga
Waruga adalah peti kubur peninggalan budaya Minahasa pada zaman megalitikum. Didalam peti pubur batu ini akan ditemukan berbagai macam jenis benda antara lain berupa tulang- tulang manusia, gigi manuisa, periuk tanah liat, benda- benda logam, pedang, tombak, manik- manik, gelang perunggu, piring dan lain- lain. Dari jumlah gigi yang pernah ditemukan didalam waruga, diduga peti kubur ini adalah merupakan wadah kubur untuk beberapa individu juga atau waruga bisa juga dijadikan kubur keluarga (common tombs) atau kubur komunal. Benda- benda periuk, perunggu, piring, manik- manik serta benda lain sengaja disertakan sebagai bekal kubur bagi orang yang akan meninggal.

gambar waruga

Table hasil-hasil kebudayaan zaman megalitikum dan fungsinya



Kesimpulan
Zaman megalitikum merupakan zaman dimana masyarakt mulai membangun bangunan atau monument yang terbuat dari batu,ada beberapa hasil bangunan zaman megalitikum ini yaitu:
menhir : tugu batu digunakan untuk menghormati roh nenek moyang
Punden berundak : terbuat dari batu untuk meletakan sesaji
dolmen : meja batu yang digunakan untuk meletakan sesaji
waruga : kubur batu yang berbentuk kubus
kubur batu : tempat menyimpan mayat
Sarkofagus : kubur batu yang berbentuk lesung

Menurut Von Heien Geldern membagi penyebaran kebudayaan megalitik ke Indonesia menjadi 2 gelombang yaitu:megalitik tua dan megalitik muda.

DESCRIPTIVE

A.Pengertian
Teks descriptive adalah jenis teks yang menggambarkan fenomena tertentu, seperti : manusia, hewan, tumbuhan atau benda.

B. Kebahasaan
1. Simple present
2. Jenis kata yang dimuat dalam predikat: noun, adjective, verb, to be

C. Langkah Retorika
1. Identification: pengenalan terhadap subject (fenomena)
2. Description: gambaran atau ciri fisik subject(fenomena)

Descriptive is a text which say what a person or a thing is like. Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing. Jenis teks ini untuk menggambarkan seseorang, atau sesuatu, .
Orientation Memperkenalkan pada para pembaca atau member latar cerita awal mula suatu kejadian, serta menginformasikan tentang waktu dan tempat.
Reorientation member syarat bahwa cerita sudah tamat atau ungkapan penutup / akhir suatu cerita
Complication Menggambarkan masalah/krisis yang meningkat
Description bagian teks yang menggambarkan hal / benda yang diulas, biasanya menggambarkan bagian-bagian yang dimiliki benda tersebut seperti fungsi, keadaan, kualitas, perilaku, atau kebiasaan.

The Definisi and Tujuan Descriptive Text
bagian teks yang menggambarkan hal / benda yang diulas, biasanya menggambarkan bagian-bagian yang dimiliki benda tersebut seperti fungsi, keadaan, kualitas, perilaku, atau kebiasaan.
Tujuan Komunikatif Teks (Communicative Purpose)
Mendeskripsikan (menggambarkan) ciri-ciri seseorang, benda atau tempat tertentu.
Struktur Teks (Text Structure)
Pengenalan subjek
Ciri-ciri subjek, misalnya tampilan fisik, kualitas, prilaku umum, sifat-sifat.
Ciri kebahasaan menggunakan:
Nouns tertentu misalnya teacher, house, my cat, dsb.
Simple present tense
Detiled noun phrase untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya It was a large open rowboat, a sweet young lady, dsb.
Adjectives, yang bersifat describing, numbering classifying, misalnya, two strong legs, sharp white fang, dsb.
Relating verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya, My mum is realy cool, It has very tick fur, dsb.
Thinking verbs dan feeling verbs untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya Police belive the suspect is armed, I think it is the clever animal, dsb.
Action verbs, misalnya Our new puppy bites our shoes, dsb.
Adverbials untuk memberikan informasi tambahan tentang perilaku tersebut, misal fast at the tree house,dsb.
Bahasa figurative, seperti simile, metafor. Misalnya John is white as chalk, sat tigh, dsb.


Goal: Descriptive writing vividly portrays a person, place, or thing in such a way that the reader can visualize the topic and enter into the writer’s experience.
Characteristics: The general characteristics of descriptive writing include:
• elaborate use of sensory language
• rich, vivid, and lively detail
• figurative language such as simile, hyperbole, metaphor, symbolism and personification
• showing, rather than telling through the use of active verbs and precise modifiers
Uses: Descriptive writing appears almost everywhere and is often included in other genre, such as in a descriptive introduction of a character in a narrative.
Exercises: • Observe, and then describe an event.
• Think of a person or object that stands out in your memory. Write a description of that subject.
• Find an example of descriptive writing; explain the elements that make this a good example.
Additional
Internet sites: A Lesson Plan: Writing to Photography
This lesson's goal is to improve students' writing by incorporating photography into descriptive and narrative writing exercises.
Description Paragraph
Access a one-page article that offers tips on adding descriptive words.
Descriptive Writing with Virginia Hamilton
Maintained on Scholastic's website, this online tutorial includes a teacher's guide and student resources for teaching this genre.
Descriptive Writing Resources
Visit this list for additional resources gathered by the Web English Teacher.



Contoh Teks Descriptive



Subjek

Deskripsi


MacQuarie University

MacQuarie is one of the largest unuversities in Australia. This year, in 2004, it celebrates its 40th anniversary.
The university is located at the North Ride Greenbelt, Sydney, where the New South Wales government sets aside 135 hectars for the institution. In 1964, MacQuarie area was a rural retreat on the city fringe, but today the campus and its surrondings have evolved beyond recognition.The white pelican is one of the most succesful fish eating birds. North Ride District has growen into a district of intensive occupatian anchored by a vibrant and growing university.
One of the highlights of the landsape is the Mars Creek zone. It comprises landscaped creek sides and valley floor, a gress amphitheatre,andartificial lake surounded by rock and pebbels, native plants and eucalypts.


Example of Descriptive text
Bandengan Beach

Bandengan Beach or Tirta Samudra Beach is the famous beach in jepara. the place is very beautiful and romantic. people around Jepara, Kudus, Demak knows this place.

This place is located 7 kilometers north of Jepara city center. The way to get there is very easy. Just follow the traffic sign and you will find it. From the town square, follow the road to Bangsri then turn left when reached kuwasen village. You can take public transportation or by your own vehicle.

The white sandy beach which has pure water is good for swimming. The beach is save enough for swimming because the beach is shallow and the wave is not so big. This place is more beautiful at dusk. We can see the beautiful sunset with our family or friends.

In this location, we can sit and relax on the shelter while enjoy the natural beach breezy wind. It also has large pandan tree field. It is suitable for youngster activities such as camping.

If we want to sail, we can rent the traditional boat owned by local people. We can make voyage around the beach or we can go to pulau panjang (panjang island). Some time we can find banana boat and jet ski for rent.

In this place we can find many traditional footstalls. We can order traditional foods sold by the trader such as roasted fish, crab, boiled shell. Pindang srani is one of the delicious food enjoyed by the visitors.

come to the bandengan beach and you will find a paradise on the tips of Muria peninsula.




Prambanan Temple
Prambanan is the largest Hindu temple compound in Central Java in Indonesia, located approximately 18 km east of Yogyakarta.
The temple is a UNESCO World Heritage Site and is one of the largest Hindu temples in south-east Asia. It is characterised by its tall and pointed architecture, typical of Hindu temple architecture, and by the 47m high central building inside a large complex of individual temples.
It was built around 850 CE by either Rakai Pikatan, king of the second Mataram dynasty, or Balitung Maha Sambu, during the Sanjaya Dynasty. Not long after its construction, the temple was abandoned and began to deteriorate. Reconstruction of the compound began in 1918. The main building was completed in around 1953. Much of the original stonework has been stolen and reused at remote construction sites. A temple will only be rebuilt if at least 75% of the original stones are available, and therefore only the foundation walls of most of the smaller shrines are now visible and with no plans for their reconstruction.
The temple was damaged during the earthquake in Java in 2006. Early photos suggest that although the complex appears to be structurally intact, damage is significant. Large pieces of debris, including carvings, were scattered over the ground. The temple has been closed to the public until damage can be fully assessed. The head of Yogyakarta Archaeological Conservation Agency stated that: “it will take months to identify the precise damage”. However, some weeks later in 2006 the site re-opened for visitors. The immediate surroundings of the Hindu temples remain off-limits for safety reasons.
We get the purpose from the text above that description is used in all forms of writing to create a vivid impression of a person, place, object or event e.g. to: •
• Describe a special place and explain why it is special.
• Describe the most important person in your live.
• Describe the animal’s habit in your report.
Descriptive writing or text is usually also used to help writer develop an aspect of their work, e.g. to create a particular mood, atmosphere or describe a place so that the reader can create vivid pictures of characters, places, objects etc. To complete our intention to, here are the characteristics based on descriptive writing or text, below;


As a feature, description is a style of writing which can be useful for other variety of purposes as:
• To engage a reader’s attention
• To create characters
• To set a mood or create an atmosphere
• To being writing to life
While in language function, descriptive writing;
• Aims to show rather than tell the reader what something/someone is like
• Relies on precisely chosen vocabulary with carefully chosen adjectives and adverbs.
• Is focused and concentrates only on the aspects that add something to the main purpose of the description.
• Sensory description-what is heard, seen, smelt, felt, tasted.Precise use of adjectives, similes, metaphors to create images/pictures in the mind e.g. their noses were met with the acrid smell of rotting flesh.
• Strong development of the experience that “put the reader there” focuses on key details, powerful verbs and precise nouns.
Beyond the characteristics stated on, descriptive writing also consists of generic structure in range as:
1. General statement
2. Explanation
3. Closing



The description text has dominant language features as follows:
1. Using Simple Present Tense
2. Using action verbs
3. Using passive voice
4. Using noun phrase
5. Using adverbial phrase
6. Using technical terms
7. Using general and abstract noun
8. Using conjunction of time and cause-ef
Exercise 1 DESCRIPTIVE :

My Pet
I have a pet. It is a dog and I call it Brownie.
Brownie is a Chinese breed. It is small, fluffy, and cute. It has got thick brown fur. When I cuddle it, the fur feels soft. Brownie does not like bones. Every day it eats soft food like steamed rice, fish or bread. Every morning I give her milk and bread. When I am at school, Brownie plays with my cat. They get along well, and never fight maybe because Brownies does not bark a lot. It treats the other animals in our house gently, and it never eats shoes. Brownie is really a sweet and friendly animal.

1.What type of text is used by the writer?
A. Report
B. Recount
C. Narrative
D. News item
E. Descriptive

2.The communicative purpose if this text is....
A. to describe a particular animal
B. to share an amusing incident with others
C. to present two points of view about an issue
D. to inform the reads about the beauty of Brownie
E. to retell events for the purpose of informing or entertaining

Keyword:
1.E
2.A


LINGKING VERB.

Verbs are what you do, but some verbs do not describe an action. Certain verbs connect one part of a sentence to another. These are helping verbs (verbs that help to clarify a main verb) and linking verbs. Discover the meaning of linking verbs and how to use them here.

Function
1.The linking verb in this sentence is "is."
Imagine a chain necklace made up of many links. If you remove just one link, it will no longer be a necklace; it will just be a chain. Now think of a sentence as a necklace. Each part of the sentence can be considered a link that, when put together well, makes one complete sentence. A sentence does not need an action verb to become a complete sentence. A linking verb completes a sentence when an action verb is not used.

SOAL-SOAL DESKRIPTIVE DAN KUNCINYA

SOAL DESKRIPTIF

Soal no 1-4
This is Intan. She is in grade nine. Her uniform is white and blue.
Intan is slim. Her height is 155 cm tall. She is 45 kg. Her hair is short,
black and straight. She has a round face with a sharp nose and beautiful-round eyes. Her smile is very interesting for a brown-skin girl.
Intan is the cleverest student in her classroom. She likes to study everything,
especially in sport, computer and songs. She usually has good
marks in Indonesian, English, Physics and Math.
Intan has become one of favorite students at her scho ol. Many
students like her.

1. What is the text about?
A. Intan, in grade nine C. HC.
B. Intan and her activity
C. Intan, an SMP student
D. Intan, a favorite student
E. Intan,an special student


2. What does paragraph 2 tell about?
A. She is a slim and clever. C.
B. She is 155 cm tall..
C. Her physical features.
D. Her ability in her class.
E. She in grade nine.

3. What year is Intan in?
A. She is in year 2008.
B. She is in grade nine
C. She is in a student centre.
B D. She is in ninth classroom.
E. She is 155 cm tall.

4. Her smile is very interesting for a brown-skin girl. What do the underlined
words mean?
A. The skin is brown
B. A girl has brown-skin.
A C. A girl with brown skin
D. A girl likes brown skin.
E. A girl have brown skin











5.


A. Mr A is smoking a cigarette.
B. Mr A is not wearing glasses.
C. Mrs B is reading a newspaper.
D. Mr A is drinking a cup of coffee.
E. Mrs B is drinking a glass of milk.


6. Voice : Nadina wishes she could play tennis with her brother.





7. Tape Narrator : Listen to the dialogue then decide which picture goes with the dialogue

Mrs. Willy : Ok Susy, I’m going now. I think everythink is O.K.,
isn’t it?
Susy : Yes, I think so, erm ... the only thing is ... is she
likely to wake up?
Mrs. Willy : No, I don’t think so.
Susy : But, what if she does?
Mrs. Willy : Give her a little bit cuddle or sing to her a song to
make her go back to sleep.





Soal no 8 – 9

Amelia Earhart who was born at Atchison in 1987 was one of the first and is still probably
the most famous woman aviator in the world. She dropped out of Columbia University and
worked in California to earn money for flying lessons. In 1928, she became the first female
passenger on transatlantic flight. She flew from Newfoundland to Burry Port, Wales. In
1932, at the age of thirty-four, she was the first woman to fly across the Atlantic Ocean
alone, from Harbour Grace, Newfoundland, to Ireland. This success was soon followed by a series of flights across the United States alone.
In 1935 she was the first woman who made a solo flight from Hawaii to California in both directions.
In 1937, she tried to fly around the world with Fred Noonan as her navigator.
After completing more than two-thirds of the trip,
her twin-engine Lockheed Electra vanished near Howland Island in the Pacific Ocean, and no trace of Earhart or her plane was ever found.


8. Which of the following is the most suitable title for the passage above?
A. Amelia Earhart.
B. Amelia Earhart and her flights.
C. Amelia Earhart and her mysterious disappearance.
D. Amelia Earhart, the first woman aviator in the world.
F. Amelia Earhart who disappeared in the Pacific Ocean.

9. When did she make her first solo flight? In ….
A. 1897
B. 1928
C. 1932
D. 1935
E. 1937


Soal no 10 – 11

There are five requirements for a student who wishes to become a chemist. One is that
he possesses greater than average aptitude for learning. Another is that he possesses a good
working knowledge of mathematics. Still another is that he enjoys applying his knowledge.
In addition, he should be curious about things – about what causes natural phenomena and
about how a thing is put together, how it works, and why. Finally, he must be enthusiastic.

10. What is the suitable topic of the passage?
A. A chemist student.
B. How to become a chemist.
C. Requirements to become a chemist student.
D. The application of chemist in solving problems.
E. The importance of possessing good knowledge of mathematics.



11. Which of the following requirements is Not Mentioned in the passage?
A. Have curiosity about how things are formed/made.
B. Have a good knowledge of mathematics.
C. Have great natural ability in learning.
D. Have a strong interest in chemistry.
E. Have done many experiments.


Soal no 12 – 14

When I get hungry, my throat runs dry, as dry as a desert waiting to be drenched with
torrential rains. My stomach is a deep empty well longing to be filled, grumbling and growling
as all animals in the well die for food. My whole body becomes a ghost town any life or colour.
But then the welcome sign of the big restaurant room is on the horizon. Is it a mirage?
My body lurches toward the oasis. I drive for a drink and slam it down into mouth. The
desert turns into lush green pastures and the ghost town turns into a thriving city.....

12. How does the hungry person feel?
A. His/her body lurches toward the oasis.
B. He/she becomes bad tempered.
C. His/her whole body becomes a ghost town without any life and colour.
D. He/she grumbles and growls like animals.
E. He/she body lurghes toward yhe oasis


13. What parts of the body are very sensitive when hungry?
A. Throat and stomach.
B. Mouth and stomach.
C. Eyes, mouth and stomach.
D. All parts of the body.
E. Eyes and stomach.

14. My stomach is a deep empty well longing to be filled, grumbling and HHgrowling.
The underlined word has the similar meaning to ....
A. getting angry
B. complaining
C. annoyed
D. feeling worried
E. Complaint

EGYPT
The climate of Egypt is mainly hot and dry. Apart from the Valley of
the River Nil, which runs through the country from south to north, it consists entirely of desert.
In the summer, the temperature often reaches 45 degrees Celsius
in the south of the country, and 30 degrees Celsius in the north.
In winter, the weather is cooler, and along the northcoast it is often
cloudy, with occasional rain.
In Cairo it rains on average for three days in a year, and in the south of Egypt rain is almost unknown.
There are often gentle breezes from the north throughout the year, except during March and April, when a hot, dusty wind blows from the south.

15. What is the text about?
Lembar soal :
A. Egypt
B. The River Nil
C. The seasons in Egypt
D. The Climate in Egypt
E. Cairo, the capital of Egypt










KUNCI JAWABAN


1.C 6.B 11.E
2.C 7.C 12.C
3.B 8.D 13.A
4.A 9.C 14.A
5.D 10.C15.D
KETELADANAN RASULULLAH PERIODE MADINAH

1. Membangun masjid
Masjid Quba dibangun tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 1 Hijriah. Selanjutnya dibangun pula masjid kedua, yaitu Masjid Nabawi di Madinah. Peranan masjid pada masa Rasulullah antara lain sebagai berikut:
1. Sarana pembinaan umat Islam.
2. Sarana ibadah, shalat 5 waktu, Idul Adha, Idul Fitri, salat Jum’at, dan shalat Tarawih.
وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا
“Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” (Al Jin: 18)
Masjid di masa Rasulullah saw bukan hanya sebagai tempat penyaluran emosi religius semata ia telah dijadikan pusat aktivitas umat. Hal-hal yg dapat direkam sejarah tentang fungsi masjid di antaranya
• Tempat latihan perang. Rasulullah saw mengizinkan ‘Aisyah menyaksikan dari belakang beliau orang-orang Habasyah berlatih menggunakan tombak mereka di Masjid Rasulullah ` pada hari raya. .
.
• Menjadikan halaman masjid sebagai tempat pengobatan para penderita sakit Balai pengobatan tentara muslim yg terluka. Sa’d bin Mu’adz z terluka ketika perang Khandaq maka Rasulullah ` mendirikan kemah di masjid. .

• Tempat tinggal sahabat yg dirawat .

• Tempat menerima tamu. Ketika utusan kaum Tsaqif datang kepada Nabi saw beliau menyuruh sahabatnya utk membuat kemah sebagai tempat perjamuan mereka. .

• Tempat penahanan tawanan perang. Tsumamah bin Utsalah seorang tawanan perang dari Bani Hanifah diikat di salah satu tiang masjid sebelum perkaranya diputuskan. .

• Pengadilan. Rasulullah ` menggunakan masjid sebagai tempat penyelesaian perselisihan di antara para sahabatnya
• Tempat belajar dan mengajar tentang agama Islam.
• Tempat pertemuan untuk menjalin persaudaraan.
• Sarana kegiatan sosial.
• Sebagai tempat bermusyawarah.
2. Membangun Ukhuwah Islamiyah (Mempersaudarakan antara Kaum Muhajirin dan Anshar)
Rasulullah telah berhasil mempersaudarakan kaum Muhajirin (para sahabat Rasulullah r penduduk asli Mekkah yang hijrah ke Madinah) dengan kaum Anshar (para sahabat Rasulullah penduduk asli Madinah). Persaudaraan ini menciptakan kekuatan yang hebat dan persaudaraan baru yaitu persaudaraan yang berdasar agama.
Memperkokoh pilar-pilar ukhuwah islamiyah adalah kewajiban setiap Muslim. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kaum Muslimin untuk menegakkan ukhuwah. Hal itu termaktub dalam beberapa ayat di Al-Quranul Karim.
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam berbagai hadits juga memerintahkan ummatnya untuk melakukan hal yang sama. Di bawah ini adalah beberapa hadits yang menjelaskan kedudukan ukhuwah dalam Islam. Di bawah ini adalah anjuran ukhuwah menurut Islam.

Lillahi Ta’ala
Semangat ukhuwah di antara sesama Muslim hendaknya didasari karena Allah semata, karena ia akan menjadi barometer yang baik untuk mengukur baik-buruknya suatu hubungan. Rasulullah bersabda, ”Pada hari kiamat Allah berfirman: Dimanakah orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari yang tiada naungan selain naungan-Ku ini, aku menaungi mereka dengan naungan-Ku.” (HR Muslim)
Dalam hadits lain Rasulullah bersabda, ”Barangsiapa yang bersaudara dengan seseorang karena Allah, niscaya Allah akan mengangkatnya ke suatu derajat di surga yang tidak bisa diperolehnya dengan sesuatu dari amalnya.” (HR Muslim)
Dalam keterangan yang lain Nabi Muhammad menjelaskan, ”Di sekeliling Arsy terdapat mimbar-mimbar dari cahaya yang ditempati oleh suatu kaum yang berpakaian dan berwajah (cemerlang) pula. Mereka bukanlah para nabi atau syuhada, tetapi nabi dan syuhada merasa iri terhadap mereka.” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepada kami tentang mereka.” Beliau menjawab, ”Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai, bersahabat, dan saling mengunjungi karena Allah.” (HR Nasa’i dari Abu Hurairah Radiallahu ‘anhu)
Tidak Saling Menzhalimi
“Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya, tidak menzhalimi atau mencelakakannya. Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya sesama Muslim dengan menghilangkan satu kesusahan darinya, niscaya Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan di hari kiamat. Dan barangsiapa menutupi aib seorang Muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.” (HR Bukhari dari Abdullah bin Umar ra)
Imam Muslim meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah bersabda, ”Janganlah kalian saling mendengki, melakukan najasy, saling membenci, memusuhi, atau menjual barang yang sudah dijual ke orang lain. Tetapi jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lain, tidak menzhalimi, dan tidak membiarkan atau menghinakannya. Takwa itu di sini (beliau menunjuk ke dadanya tiga kali).”
Ibarat Satu Tubuh
Ukhuwah dalam Islam memperkuat ikatan antara orang-orang Muslim dan menjadikan mereka satu bangunan yang kokoh. “Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai dan berkasih sayang adalah ibarat satu tubuh; apabila satu organnya merasa sakit, maka seluruh tubuh akan sulit tidur dan merasa demam.” (HR Muslim)“Orang-orang Muslim itu ibarat satu tubuh; apabila matanya marasa sakit, seluruh tubuh ikut merasa sakit; jika kepalanya merasa sakit, seluruh tubuh ikut pula merasakan sakit.” (HR Muslim)
Merasakan Lezatnya Iman
“Barangsiapa ingin (suka) memperoleh kelezatan iman, hendaklah ia mencintai seseorang hanya karena Allah.” (HR Ahmad)
Mengenal Baik Sahabatnya
“Jika seseorang menjalin ukhuwah dengan orang lain, hendaklah ia bertanya tentang namanya, nama ayahnya, dan dari suku manakah ia berasal, karena hal itu lebih mempererat jalinan rasa cinta.” (HR Tirmidzi)

Dengan hadis-kadis diatas rasulullah membangun ukhuwah islamiah denan kaum anshar.
3. Perjanjian antara Muslim dengan Non-mislim
Perjanjian ini adalah Piagam Madianh yang isinya antara lain:
1. Setiap golongan memiliki hak pribadi, keagamaan, dan politik. Hukuman boleh dijatukan untuk mereka yang berbuat kerusakan.
2. Tiap penduduk mendapat jaminan kebebasan beragama.
3. Semua penduduk berkewajiban mempertahankan kota Madinah.
4. Rasulullah sebagai pemimpin seluruh penduduk Madinah.

2. Meletakkan Dasar-Dasar Politik, Ekonomi, dan Sosial yang Islami demi Terwujudnya Masyarakat Madani
Rasulullah meletakkan dasar bagi sistem politik Islam, yakni musyawarah. Umat islam dapat mengangkat wakil-wakil rakyat serta membuat peraturan selama tak bertentangan dengan Al Qur’an dan Hadis.
Dalam bidang ekonomi Rasulullah meletakkan dasar keadilan bagi semua warga. Dalam bidang sosial, Rasulullah meletakkan dasar persamaan derajat semua individu, yang membedakan hanyalah amal shalehnya.

Senin, 02 Agustus 2010

SEJARAH INTERNET

SEJARAH INTERNET

A. SEJARAH INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

[sunting] Daftar kejadian penting
Tahun Kejadian
1957
Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

1962
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.

1965
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968
Jaringan Tymnet dibuat.

1971
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
1972
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
1973
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.

1974
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
1974
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
1977
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).

1979
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Di tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982 Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986 Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
[sunting] Kejadian penting lainnya
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
B. PERKEMBANGAN ISP DI INDONESIA

Dimulai pada dekade 90-an perkembangan Internet semakin berkembang pesat, di Indonesia sendiri bisnis Internet mulai dikenal sekitar tahun 95-an yang diawali dengan munculnya Internet Service Provider yang menyediakan akses ke Internet dengan bandwidth berkisar antara 14.4 kbps hingga 28.8 kbps. Hingga akhir tahun 1999 daftar ISP di Indonesia baik yang sudah beroperasi maupun belum beroperasi sekitar 55 ISP, tapi saat ini di tahun 2001 ini jumlah ISP secara keseluruhan yang tercatat di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sudah menginjak angka 155 ISP. Bisnis ISP memilik prospek yang bagus. Saat ini semua bisnis yang berbasis Internet tidak akan berkembang apabila infastruktur dan koneksi ke Internet tidak dibangun terlebih dahulu
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dariITelkom.Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi.seperti.fiber.optic.dan.wireless. Berikut table penggunaan ISP di Indonesia.dari.tahun.1998-2007:
Tahun Pelanggan Pemakai
1998 134.000 512.000
1999 256.000 1.000.000
2000 400.000 1.900.000
2001 581.000 4.200.000
2002 667.002 4.500.000
2003 865.706 8.080.534
2004 1.087.428 11.226.143
2005 1.500.000 16.000.000
2006 1.700.000 20.000.000
2007 2.000.000 25.000.000

Karena teknologi ini "paling murah". Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.
Lalu gimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?
ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi Poin penting yang perlu diketahui sebelum menentukan ISP yang akan dipakai adalah :

Backbone koneksi yang dimiliki. Ini menentukan kapasitas terpasang yang bisa disediakan untuk lalu-lintas data. Semakin besar backbone yang dimiliki semakin baik. Biasanya dinyatakan dengan ukuran Mbps.
Kecepatan dan jenis modem yang bisa dilayani. Terutama perlu dipastikan layanan di daerah dimana anda akan melakukan koneksi, karena meski ISP yang sama seringkali layanan yang bisa diberikan berbeda tergantung daerahnya.Lokasi akses poin terdekat. Ini terutama untuk kota besar seperti Jabotabek atau Surabaya, dimana meski satu kode wilayah biaya pulsa telepon bisa sangat berbeda.
Berikut beberapa table dan grafik pengguna internet di dunia dan asia :